Pengertian Akuntansi Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan merupakan semua kegiatan perusahaan yang bersinggungan dengan cara mendapatkan modal kerja, menggunakan dana tersebut serta mengelola aset yang telah di miliki guna mencapai tujuan perusahaan. Adapun tujuan dari manajemen keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai yang di miliki oleh perusahaan serta memberi nilai tambah pada aset yang telah di miliki oleh para pemegang saham.

Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan juga memiliki ruang lingkup yang terdiri atas: Pendanaan yang berupa kebijakan manajemen dalam mencari dana perusahaan seperti kebijakan dalam menerbitkan obligasi serta kebijakan hutang jangka panjang ataupun jangka pendek yang bersumber dari dalam ataupun luar perusahaan. Yang kedua adalah keputusan pengelolaan aset yang di miliki dengan efisien guna mencapai tujuan perusahaan.

Pengertian Akuntansi Manajemen Keuangan

Pengertian Akuntansi Manajemen Keuangan

Yang ketiga adalah keputusan investasi yang berupa kebijakan dalam penananam modal perusahaan untuk aktiva tetap berupa gedung, mesin, alat-alat, surat-surat berharga( saham, obligasi guna menginvestasikan dana untuk berbagai aktiva. Selain ruang lingkup manajemen keuangan juga memiliki beberapa fungsi antara lain:

  • Planning
    Berupa perencanaan keuangan yakni berupa arus kas serta rugi laba.
  • Budgeting
    Yakni merencanakan, menerima serta mengalokasikan dana yang di miliki dengan efisien dan maksimal.
  • Auditing
    Memeriksa keuangan serta melakukan audiit keuangan perusahaan supaya sesuai dengan standar akuntansi keuangan serta menghindari terjadinya penyimpangan.
  • Controlling
    Mengendalikan keuangan serta melakukan evaluasi dan perbaikan keuangan serta sistem keuangan pada perusahaan.
  • Reporting
    Yakni melaporkan kondisi keuangan serta meneydiakan informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan.
    Untuk dapat mengetahui kondisi serta prestasi keuangan pada sebuah perusahaan biasanya di gunakan sebuah alat yang di sebut dengan alat analisis. Tolak ukur yang di gunakan dengan cara membandingkan penurunan dan kenaikan prestasi pada dua laporan posisi keuangan dalam dua periode waktu. Analisis rasio keuangan yang sering di gunakan adalah seperti berikut:
  1. Leverage ratio
    Yang merupakan sebuah rasio guna menilai berapa besar dana yang telah di berikan oleh pemegang saham bila di bandingkan dengan dana yang di peroleh melalui pinjaman dari kreditur.
  2. Liquidity ratio
    Adalah nilai rasio guna menilai kemampuan sebuah perusahaan untuk memenuhi semua kewajiban keuangan jangka pendek.
  3. Rentability ratio
    Rasio ini di pergunakan untuk dapat menilai tingkat keefektifan manajemen yang dapat di lihat dari laba yang telah di hasilkan pada penjualan serta investasi perusahaan. Laporan analisa tersebut berupa ROE atau biasa di sebut dengan balik modal, ROA atau pengembalian aset.
  4. Activity rasio
    Rasio ini di pergunakan untuk mengukur keefektifan manajemen saat menggunakan sumber dayanya. Dari semua aktifitas tersebut melibatkan perbandingan diantara penjualan dan investasi pada macam-macam jenis aset yang di miliki.