Contoh Teks Prosedur Kompleks Membua Nasgor

Contoh Teks Prosedur Kompleks – Teks prosedur kompleks adalah salah satu teks dalam bahasa indonesia dan termasuk kedalam kategori teks prosedur. Umumnya teks prosedur komplek berisikan panduan panduan cara melakukan sesuatu, cara membuat sesuatu, dan cara memperbaiki sesuatu. Teks ini sangat erat kaitannya dengan sebuah proses dengan mengedepankan urutan langkah yang telah disusun.

Karena identik dengan urutan langkah dan cara akhirnya teks prosedur kompleks juga disebut dengan teks “how to” yang dalam bahasa Indonesia artinya cara melakukan. Pada dasarnya terdapat banyak sekali contoh teks prosedur kompleks yang dapat kita pelajari dan temukan dalam kehidupan sehari hari. Meskipun dapat dengan mudah di dalam kehidupan sehari-hari namun kerap kali kita tidak menyadari penggunaan dari teks ini.

resep membuat nasi goreng sarapanSebagai contoh teks prosedur kompleks dapat kita temukan pada buku resep masakan yang notabennya memberikan arahan perintah tentang cara membuat makanan dan minum. Selain itu kita juga dapat menemukan teks prosedur komplek pada buku petunjuk pemasangan televisi flat setelah kita membelinya. Dari sekian banyak contoh teks prosedur kompleks yang ada, yang paling dekat dengan kita adalah teks prosedur pada buku resep masakan.

Berikut adalah teks prosedur kompleks tentang resep masakan cara membuat jus apel:

Untuk membuat jus apel, pertama siapkan empat buah apel segar.
Kedua kupas apel tersebut lalu cuci hingga bersih.
Ketiga, siapkan blender untuk memblender apel tersebut
Keempat masukkan potongan apel, gula dan air secukupnya lalu tambahkan es batu yang sudah dihancurkan.
Blender bahan tersebut hingga benar benar halus.
Langkah terakhir adalah tuangkan jus apel kedalam gelas.
Berdasarkan contoh teks prosedur kompleks di atas kita dapat menyimpulkan bahwa teks prosedur sangat erat kaitannya dengan langkah langkah kerja. Maka dari itu teks prosedur selalu menggunakan urutan langkah seperti pertama, kedua, ketiga, seanjutnya, setelah itu, dan terakhir.