8 Manfaat Mengunyah Permen Karet Untuk Kesehatan

Anda suka mengunyah permen karet? Maka anda akan terkejut dengan beberapa manfaat mengunyah permen karet. Selain enak, tidak banyak orang menyadari bahwa mengunyah permen karet juga dapat memberikan 8 macam keuntungan untuk anda.

Manfaat Mengunyah Permen Karet

Beberapa Manfaat Mengunyah Permen Karet

Meningkatkan Konsenstrasi dan Daya Ingat

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan kinerja mental. Fungsi kognitif seperti konsentrasi, daya ingat, serta reaksi terlihat meningkat ketika seseorang mengunyah permen karet. Hal ini disebabkan oleh dorongan yang berasal dari peningkatan aliran darah ke otak saat mengunyah, yang menurut penelitian tersebut terlihat meningkat sebanyak 25% hingga 40%. Selain itu, mengunyah permen karet dapat meningkatkan oksigen ke otak, dimana membantu anda untuk meningkatkan daya ingat serta fungsi kognitif lainnya.

Membantu Anda Tetap Terjaga

Selain daya ingat, beberapa penelitian juga sudah menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan kewaspadaan. Saat rahang bergerak untuk mengunyah dapat merangsang saraf dan bagian otak yang berhubungan dengan gairah. Hal ini membantu seseorang untuk tetap terjaga lebih lama. Permen karet rasa mint sangat berguna untuk tugas ini.

Memerangi Stres dan Kecemasan

Mengunyah permen karet juga dapat membantu meringankan energi saraf gugup dan membuat seseorang menjadi lebih tenang. Rupa-rupanya, mengunyah permen karet dapat menjadi pengganti kebiasaan yang datang dari perasaan gugup, seperti menggigit kuku dan kaki gemetaran saat sedang stres. Hal ini telah didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu mengurangi hormon stres dan kortisol.

Melindungi Gigi

Manfaat mengunyah permen karet tanpa gula selama 20 menit setelah makan dapat membantu mengurangi plak, mendukung enamel gigi, mengurangi gigi berlubang, dan mengurangi radang gusi. Alasannya adalah karena mengunyah permen karet dapat meningkatkan aliran air liur yang mengurangi asam pada gigi anda yang menyebabkan pembusukan. Teori ini dikemukan oleh American Dental Association.

Mengurangi Refluks Asam dan Heartburn

Ada beberapa orang yang tengah berjuang memerangi refluks asam dan heartburn, dan dengan mengunyah permen karet setelah makan dapat membantu anda mengurangi asam pada esofagus. Asam dapat lebih cepat dibersihkan karena anda meningkatkan produksi air liur. Namun pastikan anda menghindari permen karet rasa peppermint yang dapat meningkatkan kadar asam dan membuat heartburn anda tambah parah.

Memperbaiki Kebiasaan Makan Berlebih

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu menangkal anda memakan makanan yang berlebih. Keuntungan yang paling besar adalah anda dapat menghindari kalori yang berasal dari camilan, dan ini tentu membantu anda yang tengah berjuang dalam menurunkan berat badan anda.

Meredakan Kekeringan di Mulut

Permen karet bebas gula dapat dengan efektif memerangi kekeringan di mulut. Sudah terbukti bahwa dengan mengunyah permen karet dapat menstimulasi air liur hingga 10 kali lebih banyak. Ini merupakan solusi terbaik untuk mengatasi rasa ketidaknyamanan yang berhubungan dengan kekeringan di mulut.

Mengobati Telinga Sakit Saat Perjalanan

Mengalami sakit pada telinga saat di perjalanan (terutama perjalanan udara) karena perubahan tekanan udara bisa sangat mengganggu. Ada berbagai macam cara klasik untuk mengatasi hal tersebut seperti menguap atau mencubit hidung. Tapi, cara termudah adalah dengan mengunyah permen karet karena dapat memproduksi air liur sehingga anda menelannya lebih banyak, yang berimbas pada penyeimbangan tekanan dalam telinga anda.

Itulah dia beberapa manfaat mengunyah permen karet yang mungkin anda belum sadari. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda.