7 Macam Permainan Tradisional Khas Jawa Timur

7 Macam Permainan Tradisional Khas Jawa Timur

1. Permainan Tradisional Jawa Timur Cublak-cublak suweng

Cublak-cublak suweng, buat anda yang asli dari Jawa Timur tentunya telah tak asing lagi mendengar kata yang satu ini, ya kata cublak-cublak suweng yaitu permainan tradisional asli Jawa Timur miliki, permainan ini cukup popular di kelompok anak-anak terlebih yang lahir th. 90 an. Permainan ini dapat masihlah bisa anda temui lantaran masihlah kerap dimainkan oleh anak-anak Jawa Timur.

Untuk memainkan nya perlu sekurang-kurangnya 3 orang namun tambah baik 6 orang atau lebih, pada permainan ini ada yang namanya Pak Empo yang bertugas untuk mencari satu benda yang dimaksud seweng. Sebelumnya bermain bakal ada penarikan undian siapa yang bakal jadi Pak Empo, kemudian duduklah serta lingkari Pak Empo yang berbaring telengkup.

Kemudian mencari benda yang nanti bakal jadikan sebagai saweng, sembari menyanyikan lagu cublak-cublak suweng, benda itu berpindah dari satu tangan ke tangan yang lain. Hingga nyayian usai makan berhentilah benda tersebut di tangan satu diantara orang, lantas semuanya pemain menggemgam tangannya untuk mengecoh Pak Empo mencari benda itu.

Bila Pak Empo salah menebak benda itu makan, pemain sebagai Pak Empo bakal terlungkup serta mengulang nya kembali. Namun bila Pak Empo sukses menebak benda itu jadi, yang ter tebak bakal ganti kan posisi nya sebagai Pak Empo. Permainan usai bila semua pemain menyetujui untuk usai.

2. Permainan Tradisional Jawa Timur Jamuran

Jamuran adalah permainan yang datang dari Jawa Timur. Permainan ini dimainkan oleh anak perempuan serta lelaki, jamuran umumnya dimankan ketika sore hari di halaman, lapangan atau tempat yang mempunyai cukup ruas untuk bermain permainan ini.

Langkah memainkan permainan ini tidaklah terlalu rumit, lantaran untuk bermain permainan ini anda tak perlu memakai alat serta benda apa pun sebagai sarat dari permainan cukup hanya pemain minimum 8 atau lebih, makin banyak makin seru.

Tetapkan pemain yang jadikan sebagai Jamur, langkah nya dapat dengan hompimpah, kemudian bentuk lah lingkaran serta jamur ada di tengah-tengah lingkaran. Pemain yang lain jalan melingkari jamur sembari bernyanyi serta bertepuk tangan ikuti irama.

Bila nyanyian telah usai makan jamur bakal menyampaikan suatu hal yang nanti pemain yang melingkarinya mesti ikuti serta menuruti perintahnya, umpamanya jamur berkata ‘jamur kendaraan’ makan pemain yang melingkar berhamburan serta membuat satu kendaraan.

Pemain yg tidak beralih mirip kendaraan bakal ganti kan pemain sebagai jamur, terlebih bila jamur menyampaikan ‘jamur patung’ makan pemain mesti beralih jadi patung serta tak diperkenan kan untuk bergerak, yang bergerak bakal ganti kan pemain sebagai jamur.

3. Permainan Tradisional Jawa Timur Petil Lele

Petil Lele yaitu permainan tradisional yang banyak dimainkan oleh anak lelaki, lantaran permainan tradisional yang satu ini membutuhkan kecepatan serta ketangkasan dalam melempar serta menangkap batang bambu.

Permainan ini memakai 2 batang bambu dengan ukuran yang tidak sama, yang awal mempunyai ukuran sekitaran 30 cm serta bambu yang ke-2 mempunyai ukuran yang lebih pendek dari bambu yang awal.

4. Permainan Tradisional Jawa Timur Nekeran

Nekeran yaitu satu benda yang terbuat dari sejenis kaca, berupa bulat serta mempunyai diameter yg tidak besar serta kecil, nekeran dikenal juga dengan kelereng. Permainan ini jadi permainan favorite anak lelaki serta jadi permainan tradisional Jawa Timur.

Permainan nekeran dimainkan oleh dua atau lebih orang, makin banyak pemain bakal makin seru untuk bermain permainan yang satu ini. Saat ini telah tidak sering diketemukan anak-anak yang bermain permainan ini, lantaran dahulu saja tiap-tiap permainan ada musimnya serta waktunya.

5. Permainan Tradisional Jawa Timur Lompat Karet

Lompat karet yaitu permainan tradisional yang banyak juga serta kerap dimainkan oleh anak-anak perempuan Jawa Timur, memanglah sesungguhnya permainan ini bukanlah datang dari Jawa Timur namun permainan ini jadi permainan yang popular di Jawa Timur.

Permainan lompat karet umumnya dimainkan oleh anak perempuan namun tak tutup peluang bila anak lelaki bermain permainan ini, lantaran permainan tradisional tak ada pemisah mana permainan untuk lak-laki serta untuk perempuan.

6. Permainan Tradisional Jawa Timur Petak Umpet

Nah, bila yang satu ini tentu sudah mengetahui, permainan petak umpet tidak cuma populer di Indonesia saja namun permainan ini dapat populer di belahan Dunia sana, permainan petak umpet begitu kerap dimainkan di Indonesia serta telah di kenal mulai sejak lama.

Lantaran permainan ini telah ada mulai sejak dahulu serta banyak dimainkan oleh anak-anak negeri, masuklah permainan ini jadi permainan tradisional. Petak umpet yaitu permainan tradisional yang hingga sekarang ini masihlah kerap, walau yang bermain tak sejumlah dulu.

7. Permainan Tradisional Jawa Timur Gobak Sodor

Gobak sodor permainan yang satu ini reputasinya telah tak perlu di pertanyakan lagi, lantaran ke beradaannya yang telah lama ada serta popular nya permainan ini di kelompok anak-anak sampai remaja ketika itu jadikan permainan ini populer pada masanya.

beberapa sumber menyampaikan permainan gobak sodor ini datang dari Jawa namun tak dapat di pungkiri juga kalau permainan ini dimainkan oleh nyaris semua anak Indonesia dan termasuk musik khas jawa timur. Gobak sodor sampai saat ini masihlah jadi permainan yang popular, hal semacam ini karena bila ada acara yang memiliki nuansa nasional bakal ada perlombaan permainan ini.