Kedung Pedut, Air Terjun Eksotis Kulon Progo

Kedung pedut adalah nama sebuah air terjun yang berada di kulonprogo. Air terjun ini terletak di dasar lembah dari dua tebing tinggi di deretan pegunungan menorah kulon progo, tepatnya di dusun kembang, desa jatimulyo, kecamatan girimulyo. Keunikan dari air terjun kedung pedut ini yaitu air terjun ini mempunyai dua warna, warna putih jernih dan warna biru tosca. Kedua warna tersebut benar – benar alami keluar dari air terjun kedung pedut.

kedung pedut

Perjalanan menuju ke kedung pedut dari arah tugu jogja ambil arah barat – perempatan lampu merah ringroad barat demak ijo –  jalan godean – pasar godean – jembatan sungai progo – perempatan lampu merah nanggulan – pasar kenteng – tanjakan pegunungan menorah – mentok ada  pertigaan belok kanan kearah goa kiskendo – setelah goa kiskendo ada pertigaan belok kiri – pertigaan grojogan mudal ambil arah kiri – ketemu air terjun kembang ada pertigaan setelah air terjun kembang soka belok kiri – sampailah di air terjun kedung pedut .

Untuk menuju ke lokasi air terjun kedung pedut tidaklah mudah, karena dari lokasi parkir kita harus berjalan kaki menuruni setiap anak tangga untuk sampai di dasar lembah. Saat menuruni anak tangga diharapkan untuk berhati – hati karena anak tangga disini hanyalah anak tangga yang dibuat dari tanah dan diperkeras membentuk anak tangga. Anak tangga tersebut dibuat ramai – ramai oleh kelompok pokdarwis ( kelompok sadar wisata ) selaku pihak pengelola air terjun kendung pedut menghimbau saat setelah hujan turun untuk berhati – hati dalam menuruni anak tangga karena kondisi jalan licin. Setelah 15 menit kita menuruni anak tangga sampailah kita di aliran sungai yang berasal  dari air terjun kedung pedut . Kita harus menyebrangi sungai, melewati kolam alami dengan jembatan bambu dan sampailah kita di air terjun kedung pedut .

Sesuai dengan namanya air terjun ini sangat cantik dan unik. Keunikan dari air tenjun kedung pedut ini terletak pada warna airnya yaitu warna putih jernih dan warna air tosca. Yang pertama warna putih jernih menandakan bahwa air yang mengalir disini kondisi alam masih alami dan bagus. Dan yang kedua warna air tosca yang di dapat karena pengaruh batuan dari air sungainya. Mugkin bisa jadi warna hijau tosca di dapat dari pelarutan batuan dasar sungainya.

Keunikan yang lain dari air terjun kedung pedut ini yaitu terdapat kolam alami yang disebut kedung. Kolam alami ini mempunyai kedalaman sekitar dada atau leher orang dewasa. Kolam tersebut oleh pokdarwis hanya diperuntukan untuk bermain air saja, sedangkan di air terjunnya tidak diperuntukan untuk bermain air, hanya boleh untuk berfoto – foto dan menikmati percihan air terjun yang membasahi wajah. Pokdarwis juga berinisiatif membuat diding – diding bambu yang kuat pada tebing tersebut, bertujuan agar tempat tersebut untuk beristirahat setelah bermain air atau sekedar duduk – duduk  sambil menikmati indahnya alam air terjun kendung pedut .

Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata yang masih tergolong baru, namun tidak ada salahnya jika akhir pekan ini anda mengajak keluarga, teman atau pasangan untuk berlibur kesini . Untuk fasilitas yang ada di kedung pedut sudah memadai seperti toilet, tempat ibadah, tempat istirahat, dan warung makan. Pokdarwis menghimbau kepada masyarakat disekitar dan pengunjung  untuk membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kelestarian alam dikedung pedut.

Bagus banget kan tempat yang satu ini? penasaran? yuk pilih paket tour jogja pilihanmu bersama jpswisata.com