6 Penyebab Yang Bikin Kulit Kamu Hitam dan Gelap

Punya kulit hitam tentu saja menjadi hal yang kurang menyenangkan, apalagi untuk kaum wanita. Rasa percaya diri akan menurun dan membuat penampilan agak sulit dikondisikan. Pemilihan warna baju, warna kosmetik pun menjadi lebih sulit. Kenali apa yang menjadi penyebab hitamnya kulit wajah atau tubuhmu, berikut ini diantara beberapa penyebab tersebut:

  1. Iritasi kulit

Iritasi kulit salah satunya bisa disebabkan oleh jerawat. Bekas jerawat yang tidak dirawat dengan  benar dapat menyebabkan pigmentasi kulit berubah warna menjadi lebih gelap. Hal ini terjadi di bagian kulit wajah pada umumnya.

2. Photo damage

Photo damage merupakan kondisi kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar uv yang berlebihan pada kulit.

Misalnya seseorang yang sering terpapar cahaya matahari akan rentan mengalami kerusakan sel kulit yang ditandai munculnya bintik-bintik hitam pada kulit. Hindari kontak langsung kulit dengan cahaya matahari, atau upayakan menggunakan tabir surya.

3. Melasma

Melasma merupakan perubahan hormonal pada wanita yang mengalami kondisi tertentu sehingga menyebabkan perubahan pula pigmentasi kulit.

Misalnya seorang perempuan usai kehamilan, penggunaan alat kontrasepsi atau kondisi menapouse pada wanita. Jika terjadi perubahan warna kulit menjadi hitam, artinya terjadi melasma tersebut.

4. Faktor genetika

Kondisi kulit hitam juga bisa dialami seseorang karena faktor keturunan genetika yang dibawa dari orang tua atau di atasnya. Jika sudah pada penyebab yang ini, maka yang harus kamu lakukan adalah melakukan perawatan dengan sebaik-baiknya supaya kondisi kulit hitam bisa tetap sehat dan normal.

5. Penyakit kulit

Suatu penyakit tertentu bisa menyebabkan terhambatnya melanin atau pigmen kulit, sehingga warna kulit menjadi lebih gelap. Untuk lebih jelasnya kamu bisa mengkonsultasikannya kepada dokter.

6. Proses penuaan

Kita tidak bisa mencegah hal ini, seiring usia yang bertambah, maka pigmen kulit juga akan mengalami pemudaran, sulit memproduksi yang baru dan sebagainya. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kondisi kulit di bagian luar.

Kurang tidur juga bisa berpengaruh pada kondisi warna  kulit, perawatan kosmetik yang salah juga demikian, atau penggunaan kosmetik dengan kandungan bahan-bahan berbahaya juga akan menjadi penyebab kulit hitam dan rusak.

Untuk mengatasi kulit yang gelap dan menghitam kamu dapat menggunakan Body Cover Cream Vampire.

Mungkin namanya terdengar seram namun Body Cover Cream Vampire adalah krim asal Thailand yang sudah sangat terkenal akan efeknya yang dapat memutihkan dan mencerahkan kulit dengan cepat seperti kuli vampir.