Aneka Jenis Kurma di Pasar Kurma

grosir-kurma-di-yogyakarta
Kurma adalah salah satu buah khas yang ada saat ramadhan dan menjadi pilihan saat berbuka puasa. Walaupun harga kurma cukup mahal, tetapi minat pembeli tidak pernah surut. Karena buah ini baik sekali untuk kesehatan. Di pasar grosir kurma Jogja, anda bisa temukan aneka jenis kurma , beberapa diantaranya:

Jenis Kurma dan Harganya
1. Kurma Ajwa
Kurma ini berasal dari Madinah sering juga disebut sebagai kurma Nabi, yang teksturnya lembut, rasanya lezat. Fungsi dari kurma ini adalah membantu meningkatkan kesehatan, menguatkan tulang dan jantung. Harga kurma Ajwa ini dibanderol Rp. 350.000,- s/d Rp. 450.000,- per kilo nya.

2. Kurma Safawi
Jenis Kurma ini berasal dari Madinah dan Yanbuae. Warnanya coklat gelap, rasanya lezat manis hampir sama dengan rasa kurma ajwa, daging buahnya lembab dengan tekstur yang lembut. Kurma safawi banyak tersedia dan mudah didapatkan dibanding dengan kurma yang lain, karena pohon kurma ini lebih produktif.

3. Kurma Sukkari
Kurma yang dibudidayakan di Al Qaseem ini memiliki ukuran yang besar, rasa yang renyah dan manis, dengan tekstur yang kenyal dan lembut, adapun manfaat kurma ini adalah untuk menurunkan kolesterol, mencegah kerusakan gigi, mengurangi kelelahan. Harga kurma ini Rp. 150.000,- s/d 200.000,- per kilonya.

4. Kurma Khudri
Kurma Khudri dengan tekstur kenyal, berdaging gemuk, ukurannya menengah sampai besar, berbentuk silinder. Berwarna merah kecoklatan, rasanya seperti karamel dan bisa dijadikan sebagai kurma olahan dipadukan dengan coklat dan almond. Khudri kaya dengan serat, kalium, magnesium, serta berbagai vitamin dan mineral.

5. Kurma Lulu
Kurma yang bernama lulu ini berasal dari Uni Emirat Arab. Bentuknya bulat warnanya coklat tua mirip seperti kurma ajwa namun harga kurma ini 10 x lebih rendah dibanding kurma ajwa, daginnya lembut, rasa manisnya sedang sehingga cocok bagi anda yang tidak terlalu menyukai rasa manis. Harga kurma Lulu adalah Rp. 38.000,- per kilonya.

6. Kurma Khalas
Jenis kurma khalas berasal dari Uni Emirat Arab. Dengan bentuk yang lonjong dan ukurannya agak kecil, dagingnya lembut dan rasanya manis. Harga kurma khalas Rp. 65.000,- per kilo. Dengan harga yang terjangkau sehingga kurma ini termasuk kurma yang laris di pasaran.